Kriteria Yang Harus Dimiliki Jasa Arsitek Jakarta untuk Dipilih Klien

Kriteria yang Harus Dimiliki Jasa Arsitek Jakarta untuk Dipilih Klien. Siapa yang tidak mau mendapatkan proyek terus dari klien? Pasti ingin proyek yang didapatkan selalu mengalir dan selalu ada. Namun, yang namanya bisnis pasti ada pasang surutnya. Setidaknya, untuk menjadi pilihan utama para klien dalam memilih jasa arsitek yang tepat. Seorang jasa arsitek harus memiliki beberapa kriteria berikut ini.

Bersertifikat

Tahu kan kalau di Indonesia ada sebuah organisasi resmi yang bernama Ikatan Arsitek Indonesia atau IAI? Nah, untuk menjadi anggota organisasi dari IAI, seorang arsitek harus memiliki lisensi resmi. Jadi, bisa dipastikan bahwa anggota IAI sudah bersertifikat atau namanya sertifikat keahlian arsitektur (SKA). SKA sendiri khusus hanya diterbitkan oleh IAI. Adanya sertifikat ini membuktikan bahwa hasil karyanya bisa dipertanggungjawabkan.

Perlu Anda ketahui, bahwa saat ini pemerintah telah meresmikan UU terkait arsitek. Bangunan yang dirancang oleh arsitek tanpa sertifikat bisa dipastikan tidak akan lolos untuk mendapatkan IMB atau izin mendirikan bangunan. Untuk itu, seorang jasa arsitek Jakarta harus memiliki sertifikat, sertifikat ini adalah kewajiban untuk arsitek.

Profesional

Salah satu sikap yang harus dimiliki seorang arsitek adalah profesional. Keprofesionalan dalam bekerja menjadi tolok ukur arsitek tersebut baik atau tidaknya. Selain profesional, ia juga harus memiliki sikap yang baik terhadap klien, ramah.

Kreatif, Pandai, dan Karakteristik

Selain memiliki sikap yang profesional, jasa arsitek Jakarta harus memiliki ide-ide kreatif yang untuk desain yang dibuatnya. Pandai menjelaskan setiap detail desain atau pun kebutuhan lainnya dengan klien. Yang tak boleh ketinggalan, setiap arsitek harus memiliki karakteristik yang khas dirinya. Di mana karakteristik ini akan tercerminkan dalam setiap bangunan hasil tangannya.

Memiliki Integritas dan Attitude yang Baik

Integritas serta attitude yang baik wajib dimiliki oleh arsitek. Hal ini bisa dinilai dari bagaimana keseriusannya dalam mendesain rumah yang diinginkan klien, kegigihannya dalam mewujudkan kebutuhan dan keinginan konsumen, serta bagaimana caranya memperlakukan pelanggan. Informasi ini bisa didapatkan melalui cerita atau rekomendasi klien sebelumnya.

Perlu Anda ketahui, profesi arsitek ini lebih banyak mengandalkan word of mouth sebagai media promosinya. Siapa yang tidak akan percaya akan ucapan kawan, rekan, atau kerabat yang telah merasakan langsung bagaimana layanan jasa arsitek Jakarta tersebut? Dari sana pula, terbangunlah reputasi atau nama baik seorang arsitek.

Performa Baik dalam Memenuhi Keinginan Klien

Untuk mampu memenuhi keinginan seorang klien, arsitek harus memiliki performa yang baik. Performa sendiri merupakan hal yang krusial karena erat kaitannya dengan skill yang dimiliki seorang arsitek. Selain itu, performa tersebut juga kerap dikaitkan dengan timeline yang disepakati antara klien dengan arsitek. Kemampuan membangun dengan batasan dana yang telah disetujui pun masuk dalam cakupan performa jasa arsitek. Performa ini bisa dibuktikan melalui daftar klien yang telah ditanganinya.

Itulah beberapa kriteria yang harus dimiliki seorang jasa arsitek Jakarta untuk bisa dipilih klien untuk menangani proyeknya. Selain itu, arsitek juga harus pintar manage budget yang terbatas serta memiliki kantor yang rapi, bersih, dan tentunya mudah diakses.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*